PERJANJIAN PEMBERI PINJAMAN DENGAN PENYELENGGARA

No.: {{info.authorizationNo}}


Perjanjian Pemberi Pinjaman Dengan Penyelenggara ini (“Perjanjian”) ini dibuat dan disepakati pada tanggal dimana Prosedur Persetujuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 Perjanjian ini dituntaskan (“Tanggal Persetujuan”) {{dDate}} WIB, oleh dan antara:

1. PT Stanford Teknologi Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, beralamat kantor di UOB Plaza Thamrin Nine, Lantai 32, Jl. M.H. Thamrin No 10, Jakarta 10230, Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Jun Zhang dalam kapasitasnya sebagai Direktur Utama, dan oleh karenanya bertindak untuk dan atas nama PT Stanford Teknologi Indonesia (selanjutnya disebut sebagai “PinjamDuit”); dan

2. Nama: {{info.name}}

3. Warga Negara: Indonesia

4. Pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Paspor nomor: {{info.idno}}

5. No. HP: {{info.phone}}

6. Alamat di: {{info.liveAddr}}
(selanjutnya disebut sebagai “Pemberi Pinjaman”).

(PinjamDuit dan Pemberi Pinjaman selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak” dan masing-masing sebagai “Pihak”).

Bahwa:

  1. PT. Stanford Teknologi Indonesia adalah Perseroan Terbatas yang didirikan secara sah berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia untuk menjalankan usaha sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 sebagai platform digital perantara untuk Pemberi Pinjaman yang hendak menempatkan dananya untuk disalurkan dalam bentuk pinjaman kepada calon peminjam melalui layanan PinjamDuit.
  2. Pemberi Pinjaman adalah pihak yang hendak menempatkan dananya untuk disalurkan dalam bentuk Pinjaman kepada calon Peminjam melalui layanan PinjamDuit dan untuk selanjutnya menyepakati Perjanjian Pinjaman dengan Peminjam yang dipilih.
  3. PinjamDuit dan Pemberi Pinjaman menyetujui untuk bekerjasama melalui Platform PinjamDuit untuk menempatkan dana Pemberi Pinjaman untuk disalurkan dalam bentuk Pinjaman kepada calon Peminjam. Platform tersebut di atas berarti (a) website dan/atau situs yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh PinjamDuit yang terletak di dan dapat di akses pada URL berikut: www.pinjamduit.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan (b) Aplikasi mobile PinjamDuit yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh PinjamDuit, berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
  4. Dengan menandatangani Perjanjian ini, Pemberi Pinjaman dengan ini mengakui dan menyatakan telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi sebagaimana tercantum dalam Platform dengan setiap revisi maupun ketentuan tambahan dan pedoman, pemberitahuan, aturan, kebijakan dan instruksi lain dari waktu ke waktu yang ditetapkan oleh PinjamDuit.
  5. Sebagai bentuk kompensasi atas jasa yang diberikan oleh PinjamDuit, Pemberi Pinjaman menyetujui untuk membayar biaya jasa sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini.
  6. Pemberi Pinjaman setuju bahwa dana Pemberi Pinjaman akan ditempatkan dari rekening Pemberi Pinjaman ke Rekening Escrow (sebagaimana diatur lebih lanjut dalam Pasal 1 ayat 1 di bawah ini).
  7. Dengan demikian, dengan mempertimbangkan kesepahaman bersama yang dituangkan dalam Perjanjian ini, Para Pihak dengan ini menyetujui menyepakati hal-hal sebagai berikut:

PASAL 1 RINCIAN

  1. Para Pihak sepakat bahwa dana Pemberi Pinjaman akan ditempatkan dari Rekening Pemberi Pinjaman sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 ayat 4 Perjanjian ini pada Rekening Escrow dengan rincian sebagai berikut (“Virtual Account ”).

    Bank: {{info.vaBank}}
    Nomor Virtual Account : {{info.vaNo}}
    Nama: {{info.name}}
  2. Para Pihak sepakat bahwa dana Pemberi Pinjaman yang akan ditempatkan dari Rekening Pemberi Pinjaman ke dalam Virtual Account sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat 1 Perjanjian ini adalah dana yang bersih dari biaya layanan bank atau ongkos lainnya. Apabila terdapat biaya dan/atau ongkos layanan bank yang diwajibkan atau diperlukan, Para Pihak sepakat bahwa Pemberi Pinjaman akan bertanggung jawab atas pembayaran biaya layanan dan/atau komisi bank yang timbul tersebut.
  3. Pemberi Pinjaman setuju untuk memberikan informasi penempatan dana kepada PinjamDuit dan dokumen pendukung, setiap kali melakukan penempatan dana ke Virtual Account dengan rincian sebagai berikut:

    *bagian yang tidak berlaku dibiarkan kosong

    Pemberi Pinjaman Perseorangan:

    Nama Pemberi Pinjaman: {{info.name}}
    Jenis kelamin: {{gender}}
    Tanggal lahir: {{info.birthday}}
    Tempat lahir: {{info.addr}}
    Kewarganegaraan: Indonesia
    Nomor identitas: {{info.idno}}
    Masa berlaku paspor (apabila identitas paspor):
    Nomor Pokok Wajib Pajak: {{info.taxNo}}
    Nama gadis ibu kandung: {{info.motherName}}

    Informasi Rekening Penempatan dan Rekening Pengembalian Pemberi Pinjaman (”Rekening Pemberi Pinjaman”):

    Nama bank: {{info.bankName}}
    Nomor rekening: {{info.cardNo}}
    Nama pemegang rekening: {{info.openName}}
  4. Informasi penempatan dana tersebut harus mencantumkan nomor referensi transaksi, tanggal penempatan dan jumlah penempatan. Pemberi Pinjaman selanjutnya mengakui bahwa tanggal penempatan tidak membuktikan dan tidak akan digunakan sebagai bukti bahwa dana telah dikirimkan ke dan diterima di Virtual Account. Hanya informasi pelaporan saldo atas penempatan dana dalam akun Pemberi Pinjaman pada Platform yang akan dianggap sebagai bukti tunggal yang absolut dan diterima Para Pihak bahwa dana yang dikirimkan oleh Pemberi Pinjaman telah dikreditkan ke Virtual Account.
  5. Para Pihak sepakat bahwa setiap dana yang ditempatkan oleh Pemberi Pinjaman di dalam Virtual Account wajib ditransfer oleh Pemberi Pinjaman dari rekening atas nama Pemberi Pinjaman sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 ayat 4 Perjanjian ini. PinjamDuit menjamin dan wajib memastikan bahwa setiap dana yang ditempatkan di Virtual Account oleh Pemberi Pinjaman akan dialokasikan dan disalurkan kepada peminjam yang dipilih Pemberi Pinjaman melalui akun Pemberi Pinjaman pada Platform. PinjamDuit wajib menyimpan dokumen- dokumen terkait sehubungan dengan setiap perjanjian pinjaman yang membuktikan bahwa dan memberikan kejelasan dan kepastian mengenai suatu kesepakatan yang telah dibuat oleh dan diantara PinjamDuit, Pemberi Pinjaman dan Peminjam terkait mengenai pemberian pinjaman menggunakan uang dari dana Pemberi Pinjaman yang ditempatkan di dalam Virtual Account.
  6. Pengembalian dana akan ditransfer hanya kepada rekening atas nama Pemberi Pinjaman sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 ayat 4 Perjanjian ini. Tidak akan ada pembayaran penempatan atau pengembalian dana kepada pihak ketiga manapun yang akan diizinkan. Dalam hal Rekening Pemberi Pinjaman untuk penempatan atau pengembalian bukanlah rekening bank yang berasal dari Indonesia, maka sebelum menerima atau mengirimkan dana, PinjamDuit mempunyai hak untuk meminta dokumen dan informasi untuk melakukan verifikasi sumber dana dari pemegang rekening.
  7. Rincian rekening penempatan dan rekening pengembalian akan dianggap sama, kecuali dinyatakan lain oleh Para Pihak dalam dokumen terpisah.
  8. Para Pihak sepakat bahwa apabila dana yang ditempatkan oleh Pemberi Pinjaman dalam Virtual Account tidak dalam bentuk mata uang Rupiah, maka PinjamDuit akan mengkonversi dana tersebut dengan nilai tukar saat itu yaitu pada tanggal ketika dana telah dikreditkan ke Virtual Account (yang tidak akan digugat oleh Pemberi Pinjaman dengan alasan apapun) dengan nilai bersih dari biaya layanan dan komisi bank. Jumlah dana yang telah dikonversi ke mata uang Rupiah adalah final.
  9. Para Pihak sepakat bahwa PinjamDuit akan mengirimkan setiap pengembalian dana dalam mata uang Rupiah. Jika Rekening Pemberi Pinjaman tidak menerima dana dalam mata uang Rupiah, setiap pengembalian yang dikirim akan dikonversi dengan nilai tukar yang berlaku saat itu dari Virtual Account kepada Rekening Pemberi Pinjaman (yang tidak akan digugat atau ditolak oleh Pemberi Pinjaman dengan cara apapun dan atas dasar alasan apapun) dengan nilai bersih dari biaya dan komisi bank. Jumlah yang dikonversikan dianggap bersifat final dan pasti atas jumlah yang akan diterima oleh Pemberi Pinjaman.

PASAL 2 PERNYATAAN SUMBER DANA

  1. Dalam mendukung program anti pencucian uang dan pendanaan terorisme, Pemberi Pinjaman dengan ini menyatakan bahwa kekayaan dan aset serta uang yang terlibat dalam pelaksanaan Perjanjian ini berasal dari:
    1. Upah pekerjaan (dari pemberi kerja, gaji bulanan, gaji tahunan):

      Status pekerjaan:
      Pemberi kerja:
      Alamat perusahaan (baris 1):
      Alamat perusahaan (baris 2):
      Negara tempat beroperasi: Indonesia
      Provinsi:
      Kota:
      Kecamatan:
      Kelurahan:
      RT/RW:
      Kode pos:
      Industri: {{info.occupationRegion}}
      Jabatan:
      Lama bekerja: {{jobYear}}
      Pendapatan tahunan: {{info.income}}
    2. Pendapatan usaha (perincian usaha, penjualan, keuntungan per tahun);
    3. Warisan (garis keturunan dan nilai warisan);
    4. Hadiah (rincian pemberi hadiah dan rincian hadiah, serta jumlahnya);
    5. Hasil dari penjualan properti dan/atau aset lain (penjelasan aset, nilai dan bagaimana didapatkan);
    6. Sumber lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

      Deskripsi: Pegawai
      Nilai: Below 100 juta
  2. Dalam rangka mendukung program anti pencucian uang dan anti pendanaan terorisme, Pemberi
    Pinjaman menerangkan hal-hal sebagai berikut:
    Identitas Pemilik Manfaat (apabila ada)
    Nama Lengkap:
    Nomor Identitas:
    Alamat:
    Hubungan (pemegang saham utama, hukum, kuasa, lainnya):
  3. Pemberi Pinjaman menyatakan bahwa tujuan pendanaan pada Platform adalah untuk:
    o Pendanaan
    o Lainnya (mohon dijelaskan):
  4. Pemberi Pinjaman selanjutnya menyatakan bahwa Pemberi Pinjaman tidak terlibat dalam pencucian uang, dan/atau perdagangan narkotik dan obat-obatan terlarang, dan seluruh dana dan/atau surat berharga yang telah atau akan didepositkan di rekening bank atas nama Pemberi Pinjaman tidak berasal, baik langsung atau tidak langsung, dari sumber yang tidak sah dan/atau tindakan kriminal atau ketidakpatuhan atau pelanggaran ketentuan hukum dan/atau perundang-undangan yang berlaku atau segala sesuatu yang bertentangan dengan setiap perintah, arahan, kebijakan atau keputusan institusi yudisial dan/atau pemerintah manapun.

PASAL 3 PILIHAN FASILITAS PINJAMAN DAN ALTERNATIF PENDANAAN LAINNYA

  1. Apabila Pinjaman mensyaratkan adanya Agunan, Pemberi Pinjaman dengan ini memberikan kuasa dan kewenangan penuh yang tidak dapat ditarik kembali kepada PinjamDuit untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman, termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan penandatanganan proses Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT), pembuatan Akta Hak Tanggungan (HT), Surat Kuasa Jual, Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Akta Jual Beli (AJB), Akta Pengosongan dan dokumen- dokumen lainnya yang diperlukan di hadapan Notaris yang ditunjuk dengan Calon Penerima Pinjaman, serta berhak untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman, melakukan tindakan hukum lainnya seperti pendaftaran ke Balai Lelang dan/atau Pengadilan Negeri.
  2. Setiap kali Pemberi Pinjaman memilih Peminjam melalui Platform yang terhadapnya fasilitas pinjaman akan diberikan dan dicairkan berdasarkan Perjanjian Pinjaman, maka Pemberi Pinjaman dianggap telah memberikan kuasa (sebagaimana tersebut di atas) kepada PinjamDuit untuk mewakili Pemberi Pinjaman serta bertindak untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman untuk melakukan tindakan dan hal-hal yang diperlukan untuk memastikan penandatanganan, kesepakatan dan pelaksanaan perjanjian pinjaman terkait sebagaimana dimaksud di atas, tanpa harus mematuhi formalitas apapun atau menandatangani atau memberikan dokumen tambahan apapun juga.
  3. Pemberi Pinjaman selanjutnya mengakui dan menyetujui bahwa PinjamDuit tidak berkewajiban untuk memilih salah satu bentuk pemberian Pinjaman sebagaimana dimaksud diatas untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman terlepas apakah Pinjaman tersebut memenuhi kriteria di atas atau tidak.
  4. Akan tetapi, Pemberi Pinjaman juga dapat memilih pilihan pinjaman secara elektronik ketika Pemberi Pinjaman menemukan pinjaman yang diinginkan, tanpa mengurangi setiap pinjaman yang telah dipilih oleh PinjamDuit untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman.
  5. Pada “Tanggal Persetujuan” dimana Pemberi Pinjaman secara resmi dan sah menurut hukum menjadi pihak Perjanjian untuk memanfaatkan Platform dan jasa PinjamDuit pertama kali, Pemberi Pinjaman dengan ini memilih pilihan pada ayat (1) huruf (B) di atas, hingga tanggal dimana Pemberi Pinjaman menentukan pilihan lain sesuai ketentuan Pasal 3 ayat 2 Perjanjian ini sesuai diskresinya.
  6. Untuk pilihan pada ayat (1) huruf (B) di atas, PinjamDuit berhak untuk:
    1. membagi setiap Kontribusi Pinjaman per Peminjam secara pro rata dengan Pemberi Pinjaman lainnya dengan mempertimbangkan keadaan perbandingan antara jumlah ketersediaan pinjaman dan permintaan pinjaman; dan
    2. merumuskan, menentukan dan menyepakati (untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman dengan setiap calon Peminjam potensial atau Peminjam yang telah ada) setiap skema dan konsep pembiayaan dan pinjaman hasil pengembangan dan perluasan produk dan layanannya dari waktu ke waktu dan Pemberi Pinjaman menyetujui skema dan konsep pembiayaan atau pinjaman tersebut melalui PinjamDuit.
  7. Dalam hal Pemberi Pinjaman ingin melakukan perubahan baik dari (i) pilihan (A) menjadi pilihan (B) atau sebaliknya, dan/atau (ii) melakukan perubahan setiap kriteria sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 huruf (B), maka perubahan tersebut dapat dilakukan dari waktu ke waktu oleh Pemberi Pinjaman melalui layanan yang tertera pada Platform dan PinjamDuit akan secara otomatis menyetujui perubahan tersebut sepanjang perubahan tersebut sesuai dengan layanan yang disediakan pada Platform.
  8. PinjamDuit akan melakukan upaya yang terbaik untuk memastikan kelancaran penagihan dan pengembalian tuntas fasilitas Pinjaman dari Peminjam berdasarkan Perjanjian Pinjam Meminjam.
  9. Pemberi Pinjaman wajib menjaga kerahasiaan setiap informasi dan dokumen dari atau terkait Peminjam yang tersedia pada, diperoleh atau diketahuinya melalui Platform selama Pemberi Pinjaman merupakan pihak dalam Perjanjian ini dan/atau Perjanjian Pinjaman terkait dimana Peminjam merupakan pihak di dalamnya. Kewajiban kerahasiaan ini tetap berlaku selama 2 (dua) tahun sejak berakhirnya Perjanjian ini dan/atau Perjanjian Pinjaman tersebut.

PASAL 4 PILIHAN FASILITAS PINJAMAN BERDASARKAN RANGKUMAN DARI PINJAMDUIT

Pemberi Pinjaman setuju dan mengetahui bahwa jika Pemberi Pinjaman telah memilih bentuk pemberian fasilitas Pinjaman berdasarkan rangkuman dari PinjamDuit sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 Perjanjian ini, pilihan bentuk pemberian fasilitas pinjaman tersebut akan dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. PinjamDuit dapat merangkum dan memilih bentuk pemberian Pinjaman kepada Pemberi Pinjaman untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman lebih dari 1 (satu) kali dalam 1 (satu) hari, apabila ada pinjaman baru yang tercatat, dengan tujuan untuk menyebarkan dana secepat mungkin yang ditempatkan di Virtual Account sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Pemberi Pinjaman.
  2. PinjamDuit akan memberikan rangkuman kepada Pemberi Pinjaman untuk mengalokasikan dana yang belum ditempatkan dan memilih bentuk fasilitas pinjaman yang sesuai dengan kriteria Pemberi Pinjaman. PinjamDuit TIDAK merekomendasikan kepada Pemberi Pinjaman untuk memprioritaskan Pinjaman berdasarkan besarnya jumlah pinjaman.

PASAL 5 KUASA KEPADA PINJAMDUIT DAN PENGGANTIAN RUGI

  1. Pemberi Pinjaman dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada PinjamDuit (melalui direktur, karyawannya, perwakilannya atau setiap pihak yang ditunjuk PinjamDuit) untuk:
    1. membuat, menegosiasikan dan menandatangani perjanjian pinjam meminjam, setiap perubahan dan/atau turunannya dari waktu ke waktu dan menunjukan dan menyerahkannya ke pihak ketiga terkait untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman dalam rangka setiap pemberian fasilitas pinjaman kepada para calon peminjam (baik dipilih oleh PinjamDuit berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh Pemberi Pinjaman atau dipilih secara langsung oleh Pemberi Pinjaman) dan melakukan segala upaya yang diperlukan untuk memberlakukan perjanjian pinjaman dan setiap perubahannya tersebut.; dan
    2. menggunakan dana yang telah ditempatkan oleh Pemberi Pinjaman ke Virtual Account untuk memenuhi kewajiban Pemberi Pinjaman dalam setiap perjanjian pinjam meminjam atau Perjanjian ini termasuk setiap perubahannya dari waktu ke waktu.
  2. Pemberi Pinjaman menyetujui untuk membebaskan PinjamDuit dari, memberi ganti rugi terhadap dan tidak meminta ganti rugi darinya (dan pejabatnya, direktur, komisaris, perusahaan induk, afiliasi, sub- kontraktor, supplier, agen, perwakilan, kuasa dan karyawan – “Para Pihak Terkait”) untuk segala kerugian, pengeluaran dan tanggung jawab yang secara nyata atau dapat diderita atau mungkin terjadi pada PinjamDuit akibat dari atau sehubungan dengan pilihan bentuk pemberian fasilitas pinjaman oleh PinjamDuit untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman berdasarkan kewenangan dan kuasa yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman sebagaimana dinyatakan dalam Perjanjian ini.
  3. Pemberi Pinjaman membebaskan PinjamDuit dan menyetujui untuk mengganti rugi dan membela PinjamDuit setiap saat (termasuk namun tidak terbatas pada Para Pihak Terkait) terhadap setiap gugatan, tuntutan, kerugian, kerusakan, penyelesaian, ongkos, denda, penalti, biaya (termasuk, namun tidak terbatas, biaya hukum atau biaya terkait pengadilan dan biaya pengacara), pengeluaran atau tanggung jawab dan kewajiban lainnya yang timbul dari atau sehubungan dengan:
    1. pelanggaran nyata atau dugaan pelanggaran ketentuan apapun dalam Perjanjian ini oleh Pemberi Pinjaman;
    2. gugatan atau tuntutan dari pihak ketiga, kepailitan, penundaan kewajiban pembayaran utang, tindak pidana, ketidakpatuhan atau pelanggaran hukum dan/atau peraturan perundang-undangan atau pelanggaran terhadap hak pihak ketiga apapun yang dilakukan oleh atau melibatkan Pemberi Pinjaman dan/atau, dalam hal Pemberi Pinjaman adalah perusahaan: pejabat, pimpinan, direktur, komisaris, subkontraktor, supplier, agen, perwakilan, kuasa dan karyawannya.
  4. PinjamDuit tidak akan, dan Pemberi Pinjaman wajib memastikan bahwa PinjamDuit tidak akan terlibat, dengan cara atau dalam keadaan apapun juga, dalam persidangan, investigasi, inspeksi, pemeriksaan, sengketa, negosiasi dan konflik yang timbul dari atau sehubungan dengan hal-hal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat 3 (a) dan (b) di atas kecuali PinjamDuit secara tegas memilih atau bersedia untuk terlibat.
  5. Pemberi Pinjaman mengerti, mengakui dan menyetujui, bahwa PinjamDuit tidak, dan tidak akan menanggung atau melaksanakan tugas pemberian nasihat, kewajiban atau tugas lain yang serupa atau bertindak sebagai penasihat pendanaan bagi Pemberi Pinjaman atau terlibat dalam hal apapun terkait dengannya. Pemberi Pinjaman mengerti, mengakui dan menyetujui bahwa Pemberi Pinjaman telah memperoleh atau akan memperoleh nasihat, jasa atau bantuan di bidang, antara lain, hukum, pajak atau keuangan independen yang diperlukan atau nasihat lainnya sebelum PinjamDuit menyediakan layanan kepada Pemberi Pinjaman dalam Platform.
  6. Pemberi Pinjaman selanjutnya mengakui dan memberikan kuasa kepada PinjamDuit untuk mengabaikan Keterlambatan Pembayaran Bunga apa pun (sebagaimana diatur dalam perjanjian pinjam meminjam) berdasarkan pertimbangan PinjamDuit, jika PinjamDuit secara wajar meyakini pengabaian tersebut berakibat pada pemulihan pinjaman pokok dan bunganya dari peminjam terkait berdasarkan fasilitas pinjaman terkait, sebagaimana diatur lebih lanjut dalam perjanjian pinjam meminjam.
  7. Pemberi Pinjaman sepakat bahwa PinjamDuit akan dibebaskan dan tidak akan bertanggung jawab terhadap kegagalan atau kelalaian pengembalian fasilitas pinjaman oleh peminjam kepada Pemberi Pinjaman selaku pemberi pinjaman atau setiap ketidakpatuhan atau pelanggaran ketentuan perjanjian pinjam meminjam apapun oleh peminjam.

PASAL 6 DANA YANG DIKIRIMKAN KE VIRTUAL ACCOUNT

  1. Pemberi Pinjaman dengan ini selanjutnya setuju dan mengakui bahwa jumlah yang tercantum dalam Virtual Account yang telah dipilih oleh Pemberi Pinjaman untuk ditempatkan dalam setiap fasilitas pinjaman sebagaimana dinyatakan dalam Perjanjian ini, akan ditahan oleh PinjamDuit dan tidak diperkenankan dicairkan oleh Pemberi Pinjaman, kecuali pemberian fasilitas pinjaman tersebut tidak lagi diteruskan (sebagaimana dikonfirmasi kepada Pemberi Pinjaman oleh PinjamDuit melalui email Pemberi Pinjaman).
  2. Pemberi Pinjaman dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada PinjamDuit untuk menyerahkan jumlah dana tersebut dari Virtual Account yang setara dengan jumlah pinjaman yang telah disanggupi oleh Pemberi Pinjaman untuk dipinjamkan sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian Pinjaman (termasuk setiap lampirannya yang terlampir) dan untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Pinjaman antara Pemberi Pinjaman sebagai Pendana, PinjamDuit sebagai perantara, dan Peminjam terkait.
  3. Pemberi Pinjaman dengan ini menyetujui dan mengakui bahwa setiap permintaan pencairan untuk pelepasan dan pengembalian jumlah dana Pemberi Pinjaman di Virtual Account untuk Pemberi Pinjaman akan diizinkan, dengan syarat:
    1. jumlah tersebut tidak ditahan dan/atau tidak dimaksudkan untuk ditarik untuk kepentingan kewajiban Pemberi Pinjaman dalam setiap pemberian fasilitas pinjaman yang terkait dengan perjanjian pinjaman dimana Pemberi Pinjaman (melalui PinjamDuit berdasarkan kuasa dari Pemberi Pinjaman di atas) telah mengikatkan diri; dan
    2. Pemberi Pinjaman telah mengajukan permintaan penarikan kepada PinjamDuit melalui Platform.
  4. Pemberi Pinjaman setuju dan mengetahui bahwa jumlah penarikan kembali akan dicairkan ke Rekening Pemberi Pinjaman dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja, bersih dari biaya dan komisi bank, jika ada yang dibebankan oleh bank.
  5. Pemberi Pinjaman menyetujui untuk membebaskan PinjamDuit dan memberikan ganti rugi kepada PinjamDuit (termasuk direktur dan karyawannya) dan tidak meminta ganti rugi terhadap segala kerugian dan tanggung jawab PinjamDuit yang diderita atau dapat diderita atau yang terjadi pada PinjamDuit sebagai akibat dari dan/atau sehubungan dengan setiap keterlambatan dalam pengiriman dana ke Virtual Account terhadap setiap jumlah yang disyaratkan untuk dibayar oleh Pemberi Pinjaman sehubungan dengan Perjanjian ini atau setiap fasilitas pinjaman yang telah dipilih oleh Pemberi Pinjaman.
  6. Pemberi Pinjaman dengan ini setuju dan mengetahui bahwa setiap biaya-biaya termasuk namun tidak terbatas pada biaya awal, biaya fasilitas, biaya layanan atau bentuk lain yang dapat dipersamakan dengan itu merupakan sepenuhnya hak PinjamDuit sebagai kompensasi atas jasa yang diberikan oleh PinjamDuit.

PASAL 7 PERUBAHAN DALAM RINCIAN

  1. Dalam hal terjadi perubahan terkait data Pemberi Pinjaman, detail dari Virtual Account atau Rekening Pemberi Pinjaman, atau jenis pilihan fasilitas pinjaman (termasuk kuasa yang diberikan kepada PinjamDuit) sebagaimana dimaksud dalam Perjanjian ini, maka Pemberi Pinjaman wajib menyatakan perubahan beserta dengan rincian perubahan dimaksud secepatnya kepada PinjamDuit melalui telepon atau email pada cs@pinjamduit.co.id.
  2. Pemberi Pinjaman mengakui bahwa setiap perubahan perincian akan efektif paling lambat dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja setelah diterimanya pemberitahuan perubahan Pemberi Pinjaman sebagaimana diatur pada ayat (1) diatas.

PASAL 8 PENAGIHAN DAN TINDAKAN HUKUM

  1. Pemberi Pinjaman dengan ini memberikan kuasa penuh kepada PinjamDuit untuk melakukan penagihan baik oleh PinjamDuit maupun pihak lain yang ditunjuk PinjamDuit untuk mendapatkan pembayaran kembali dan/atau pemenuhan kewajiban dari peminjam yang dipilih baik sebelum jatuh tempo maupun setelah jatuh tempo dan memberikan kuasa penuh kepada PinjamDuit untuk memulai tindakan hukum terhadap peminjam terkait dalam hal peminjam tersebut melakukan wanprestasi, dengan syarat, apabila dianggap perlu, PinjamDuit harus telah mendapatkan dana yang cukup dari Pemberi Pinjaman untuk membiayai seluruh biaya yang terkait dengan tindakan hukum yang akan dilakukan sesuai dengan porsi yang akan ditentukan di kemudian hari.
  2. Sebelum tindakan hukum dimulai oleh PinjamDuit, PinjamDuit akan mendapatkan penawaran harga, dari konsultan hukum dan penawaran harga tersebut bersama dengan perkiraan biaya administrasi, untuk dibebankan oleh PinjamDuit (“Biaya Tindakan Hukum”) yang akan diinformasikan kepada Pemberi Pinjaman. Pemberi Pinjaman akan diberikan waktu 14 (empat belas) hari kalender untuk memberikan persetujuan untuk melakukan tindakan hukum, berkomitmen dan mengirimkan dana atas Biaya Tindakan Hukum yang Pemberi Pinjaman bersedia untuk menanggung langsung ke rekening yang akan diberitahukan oleh PinjamDuit secara tertulis kepada Pemberi Pinjaman. Upaya hukum hanya akan dilakukan apabila PinjamDuit telah memperoleh persetujuan untuk melakukan tindakan hukum dari pemberi pinjaman yang terikat dalam perjanjian fasilitas terkait yang jumlahnya melebihi ½ dari jumlah seluruh pemberi pinjaman tersebut.
  3. Jika jumlah uang yang diterima oleh PinjamDuit telah cukup untuk memenuhi Biaya Tindakan Hukum, PinjamDuit akan memerintahkan konsultan hukum dan mengambil tindakan hukum terhadap peminjam terkait sebagaimana dianjurkan oleh konsultan hukum tersebut. Namun demikian, jika PinjamDuit gagal menerima dana yang cukup untuk memenuhi Biaya Tindakan Hukum, PinjamDuit dapat melanjutkan tindakan atas nama Pemberi Pinjaman, dengan syarat, biaya dan pengeluaran- pengeluaran tersebut harus diganti-rugi secara penuh oleh Pemberi Pinjaman.
  4. Uang yang diterima berdasarkan tindakan hukum tersebut akan didistribusikan sesuai ketentuan sebagai berikut:
    1. Pertama, untuk membayar setiap biaya dan pengeluaran oleh PinjamDuit terkait dengan tindakan hukum yang dilakukan PinjamDuit atas nama Pemberi Pinjaman terkait;
    2. Kedua, untuk membayar setiap jumlah yang telah disanggupi dan dibiayai oleh Pemberi Pinjaman untuk membiayai Biaya Tindakan Hukum, akan dibayar secara prorata sesuai dengan jumlah Biaya Tindakan Hukum yang telah dibiayai;
    3. Ketiga, untuk membayar setiap jumlah yang jatuh tempo dan terutang kepada Pemberi Pinjaman yang telah membiayai Biaya Tindakan Hukum, yang akan dibayar secara pro-rata sesuai dengan partisipasinya dalam fasilitas pinjaman yang dipilih; dan
    4. Terakhir, untuk membayar setiap jumlah lain yang jatuh tempo dan terutang berdasarkan perjanjian terkait fasilitas pinjaman yang dipilih Pemberi Pinjaman terkait, akan dibayar secara prorata sesuai dengan partisipasinya dalam fasilitas pinjaman yang dipilih.

PASAL 9 JANGKA WAKTU PERJANJIAN

  1. Perjanjian ini berlaku selama 3 (Tiga) tahun terhitung saat ditandatanganinya Perjanjian ini.
  2. Perjanjian akan diperpanjang secara otomatis dalam hal pemberi Pinjaman tidak memberitahu/ menginformasikan terkait perpanjangan Perjanjian kepada Pihak Penyelenggara.
  3. Pemberi Pinjaman wajib menginformasikan pengakhiran Perjanjian kepada Pihak penyelenggara dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum jangka waktu Perjanjian berakhir dengan memberikan surat resmi kepada Pihak Penyelenggara.

PASAL 10 HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Perjanjian ini tunduk pada dan diatur oleh hukum negara Republik Indonesia.
  2. Setiap dan segala sengketa, ketidaksepahaman atau konflik yang timbul dari atau berkaitan dengan Perjanjian ini, termasuk sengketa terhadap keabsahan, pelaksanaan, sifat mengikat, pelanggaran, perubahan, daluarsa dan pengakhiran Perjanjian ini ("Sengketa"), wajib, selama memungkinkan, diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat oleh Para Pihak.
  3. Jika Sengketa tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal pemberitahuan Pihak yang satu kepada Pihak yang lain mengenai adanya Sengketa, maka Para Pihak setuju bahwa Sengketa tersebut akan diselesaikan oleh Pengadilan Negeri di Jakarta Pusat.

PASAL 11 KEABSAHAN PERJANJIAN

Perjanjian ini disiapkan oleh PinjamDuit dan disediakan kepada Pemberi Pinjaman serta dibaca oleh Pemberi Pinjaman pada saat Pemberi Pinjaman melakukan pendaftaran pada Platform yang diakses secara sengaja, sukarela dan tanpa paksaan oleh Pemberi Pinjaman. Para Pihak sepakat, tunduk dan terikat pada seluruh peraturan, kebijakan, pasal, syarat dan ketentuan, dan kebijakan privasi yang diatur dalam Perjanjian dan Platform ini berikut perubahannya dari waktu ke waktu oleh PinjamDuit dengan cara:

  1. memberikan tanda centang (check mark) (✓) pada semua kotak persetujuan (consent boxes) pada Platform PinjamDuit pada saat proses registrasi sebagai “Pemberi Pinjaman”; DAN
  2. diajukannya registrasi sebagai Pemberi Pinjaman dengan menekan, mengklik atau memilih opsi “SETUJU DAN LANJUT” pada Halaman Registrasi.

(poin (A) dan (B) di atas selanjutnya disebut "Prosedur Persetujuan")

Demi kejelasan dan transparansi, Perjanjian ini berlaku sah dan mengikat Para Pihak pada Tanggal Persetujuan yang merupakan tanggal dimana Para Pihak menuntaskan Prosedur Persetujuan di atas, yang mana Tanggal Persetujuan tersebut direkam dan disimpan oleh PinjamDuit dalam sistemnya sebagai bukti hukum yang sah yang diterima Para Pihak perihal telah dituntaskannya Prosedur Persetujuan.

Demi kepastian hukum, Para Pihak sepakat bahwa pemenuhan dan dituntaskannya Prosedur Persetujuan di atas adalah sama dengan pemenuhan syarat pertama sahnya perjanjian yang adalah “kesepakatan para pihak dalam perjanjian” sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan dengan demikian tidak dapat ditantang dan diragukan dan merupakan bukti hukum yang sah dari kesepakatan Para Pihak dalam Perjanjian ini.

PASAL 12 PERNYATAAN DAN JAMINAN

Pemberi Pinjaman dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Pemberi Pinjaman telah mengikatkan diri, menggunakan haknya dan/atau melaksanakan atau memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini dan dokumen pelengkap lainnya yang dibutuhkan untuk implementasi Perjanjian ini, dan tidak akan melanggar, atau melebihi kewenangan atau batasan-batasan yang diberlakukan oleh undang-undang, peraturan, perintah (terlepas memiliki kekuatan hukum atau tidak) yang berlaku pada Pemberi Pinjaman;
  2. kewajiban Pemberi Pinjaman berdasarkan Perjanjian ini dan dokumen pelengkap lainnya yang dibutuhkan untuk implementasi Perjanjian ini adalah sah, mengikat dan berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan Perjanjian ini dan/atau dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Perjanjian ini;
  3. Pemberi Pinjaman menyatakan telah membaca dan memahami dan dianggap telah membaca, memahami serta menyetujui seluruh isi dan bagian syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang diakses pada Platform;
  4. setiap pernyataan, informasi atau keterangan yang dibuat atau dianggap dibuat oleh Pemberi Pinjaman dalam Perjanjian ini atau setiap dokumen lain yang diserahkan untuk atau atas nama setiap Pemberi Pinjaman berdasarkan atau sehubungan dengan Perjanjian ini dan/atau dokumen pelengkap pada Perjanjian ini adalah benar dan tepat;
  5. Pemberi Pinjaman telah mengambil, memenuhi, melakukan semua tindakan, persyaratan dan hal-hal yang diperlukan dalam rangka menjalankan haknya, melaksanakan dan memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini dan dokumen pelengkap lainnya yang dibutuhkan untuk implementasi Perjanjian ini, termasuk namun tidak terbatas pada setiap kewajiban, persetujuan atau perizinan yang diperlukan atau setiap tindakan yang diperlukan dalam pembuatan setiap pengajuan atau pendaftaran untuk membuatnya berlaku secara sah;
  6. Pemberi Pinjaman menyetujui untuk memberikan PinjamDuit seluruh data, informasi atau dokumen, berikut mengizinkan penggunaan setiap data, informasi, atau dokumen tersebut oleh PinjamDuit dan/atau pihak lain yang bekerja sama dengan PinjamDuit sebagaimana diperlukan untuk memberlakukan dan/atau melaksanakan Perjanjian ini termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan pelaksanaan fasilitas pinjaman dan/atau alternatif pendanaan lainnya yang dipilih Pemberi Pinjaman pada Platform, serta dokumen, informasi, atau data lain yang diminta oleh PinjamDuit dari waktu ke waktu untuk atau terkait dengan Perjanjian ini dan/atau dokumen lainnya yang diperlukan untuk pelaksanaan Perjanjian ini;
  7. Pemberi Pinjaman menyatakan dan menjamin keakuratan penuh dan kelengkapan setiap informasi, data, dan dokumen yang diisi, diberikan, diungkapkan, atau diberitahukan kepada PinjamDuit dalam seluruh proses, alur, mekanisme, dan prosedur yang terkait dan diperlukan untuk formalitas, keabsahan, dan legalitas Perjanjian ini dan dokumen pelengkap lainnya yang dibutuhkan untuk implementasi Perjanjian ini; dan
  8. Pemberi Pinjaman akan menghindari dan tidak akan memulai atau terlibat atau melakukan upaya atau kegiatan apapun terkait atau yang bertujuan untuk pembatalan Perjanjian ini atau membuat tidak berlaku atau tidak sah atau mempengaruhi keberlakuan dan/atau keabsahan Perjanjian ini dan dokumen pelengkap lainnya yang dibutuhkan untuk implementasi Perjanjian ini.

PASAL 13 PENGAKHIRAN

  1. Pemberi Pinjaman berhak untuk mengakhiri Perjanjian ini dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pemberi Pinjaman hanya dapat mengakhiri Perjanjian ini apabila Pemberi Pinjaman tidak sedang memiliki pendanaan atau sedang terikat pada fasilitas pinjaman dan/atau alternatif pendanaan lainnya yang sedang berjalan.
    2. Pemberi Pinjaman dapat mengakhiri Perjanjian ini dengan cara memberitahukan kepada PinjamDuit perihal pengakhiran Perjanjian ini. PinjamDuit selanjutnya akan menonaktifkan akun Pemberi Pinjaman terkait dalam jangka waktu yang tidak melewati 3 (tiga) Hari Kerja sejak diberitahukannya perihal pengakhiran Perjanjian kepada PinjamDuit dan PinjamDuit akan memberitahukan kepada Pemberi Pinjaman perihal tanggal efektifnya pengakhiran Perjanjian ini.
    3. Dalam hal Pemberi Pinjaman masih memiliki kewajiban yang belum diselesaikan yang timbul dari atau berkaitan dengan Perjanjian ini maupun dari pelaksanaannya, Pemberi Pinjaman wajib telah menyelesaikan segala kewajiban tersebut sebelum penonaktifan dapat berlaku efektif.
  2. PinjamDuit berhak mengakhiri Perjanjian ini dalam hal:
    1. menurut diskresi PinjamDuit, Pemberi Pinjaman telah melakukan pelanggaran atas Perjanjian ini beserta dengan Dokumen Elektronik lainnya yang terkait dengan Perjanjian ini, yang menyebabkan kerugian pada PinjamDuit dan/atau industri Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi;
    2. dipersyaratkan oleh hukum, peraturan, serta perundang-undangan yang berlaku dan/atau perintah dari otoritas yang berwenang; dan/atau
    3. Berdasarkan diskresi PinjamDuit, Pemberi Pinjaman telah melakukan dan/atau terlibat dalam tindakan-tindakan yang dianggap menyimpang, melanggar, dan/atau bertentangan dengan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam hal pengakhiran Perjanjian ini, Para Pihak menyetujui untuk mengabaikan ketentuan yang termaktub dalam Pasal 1266 ayat (2) dan (3) dan Pasal 1267 dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

PASAL 14 LAIN-LAIN

  1. Perjanjian ini menggantikan semua perjanjian sebelumnya dan/atau pemahaman baik yang dibuat secara lisan atau tertulis oleh Para Pihak mengenai pokok permasalahan dalam Perjanjian ini.
  2. Dalam hal Pemberi Pinjaman meninggal dunia, dana dalam akun Pemberi Pinjaman dapat diwariskan kepada ahli waris yang sah dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Pemberi Pinjaman dapat mengajukan dan menyampaikan pertanyaan, keluhan dan/atau aduan sehubungan dengan layanan yang diberikan PinjamDuit kepada tim layanan pengaduan konsumen PinjamDuit melalui kontak dibawah ini:

    Nomor telepon: (021) 2789 9995
    Email: cs@pinjamduit.co.id
  4. Dalam hal PinjamDuit menghentikan kegiatan operasionalnya baik diwajibkan hukum, diperlukan atau oleh karena sebab apapun, seorang administrator, kurator, manajer, tim penyelesaian baik internal maupun eksternal, likuidator atau pihak ketiga lainnya akan ditunjuk untuk mengatur perihal kepentingan PinjamDuit dan menyelesaikan seluruh kewajiban PinjamDuit yang belum diselesaikan berdasarkan Perjanjian ini dan/atau dokumen terkait lainnya yang timbul dari Perjanjian ini.
  5. Perjanjian ini merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan dokumen atau dokumen elektronik lainnya terkait dengan Perjanjian ini termasuk namun tidak terbatas pada dokumen-dokumen yang memuat informasi komersial sehubungan dengan bunga pinjaman, biaya-biaya dan denda yang timbul oleh karena adanya fasilitas pinjaman dan/atau alternatif pendanaan lainnya yang dipilih Pemberi Pinjaman.
  6. Semua lampiran yang disebutkan dalam Perjanjian ini merupakan bagian yang utuh dan tidak terpisahkan dari Perjanjian ini.
  7. Perjanjian ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, namun hanya teks Bahasa Indonesia yang dibuat otentik dan mengikat Para Pihak, dan teks Bahasa Inggris tidak mempengaruhi interpretasi dari Perjanjian ini. Jika terdapat konflik atau inkonsistensi antara teks Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dari Perjanjian ini, maka teks Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan teks Bahasa Inggris terkait akan diubah untuk menyesuaikan dengan dan untuk menjadikan teks Bahasa Inggris konsisten dengan teks Bahasa Indonesia terkait.
  8. Pemberi Pinjaman dapat mengalihkan, baik seluruh atau sebagian hak-hak yang timbul sehubungan dengan pemberian fasilitas Pinjaman berdasarkan PERJANJIAN ini dan/atau Perjanjian Pinjaman terkait dimana Peminjam merupakan pihak di dalamnya.ini (berikut setiap perubahannya) kepada pihak ketiga lainnya dengan pemberitahuan secara tertulis terlebih dahulu kepada PinjamDuit.
  9. Para Pihak tidak berhak untuk mengalihkan atau menovasikan hak dan kewajiban masing-masing apapun dalam Perjanjian ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak lainnya.

DEMIKIANLAH, Perjanjian ini (bersama dengan semua Perjanjian, Lampiran, Addendum dan setiap perubahannya) dibuat dan ditandatangani dengan tanda tangan elektronik oleh Para Pihak pada Tanggal Persetujuan.

Pemberi Pinjaman/Lender:

Nama/Name: {{info.name}}

Penyelenggara/Provider : PT. Stanford Teknologi Indonesia (“PinjamDuit”)

Nama/Name: Jun Zhang

Jabatan/Position: President Director



SYARAT DAN KETENTUAN

Mohon baca, perhatikan, dan pahami dengan seksama seluruh isi dan ketentuan Perjanjian, Syarat dan Ketentuan serta Prosedur Manajemen Data Pribadi. Dengan diberikannya tanda centang (checkmark) (✓) pada seluruh kotak persetujuan (consent boxes) di bawah ini dan dengan mengklik opsi “SETUJU DAN LANJUT” pada halaman maka Pengguna setuju untuk mengajukan permohonan registrasi sebagai “Pemberi Pinjaman” pada platform PinjamDuit (“Persetujuan Registrasi”).

Persetujuan Registrasi oleh Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas memiliki fungsi dan tujuan yang sama dan dipersamakan dengan tanda tangan di atas kertas atau tanda tangan elektronik serta secara hukum merupakan wujud suatu persetujuan dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Persetujuan Registrasi berlaku efektif pada tanggal {{dDate}} WIB.